5 Cara Menghindari Bahaya saat Memasak di Dapur, Jangan Diremehkan

Siapa yang tidak bahagia memasak di dapur, terlebih bila lagi mau membuat santapan kesukaan suami ataupun kanak- kanak di rumah. Buat perempuan, dapur jadi tempat yang pas buat melakukan eksplorasi seluruh tipe rasa serta masakan tiap harinya.

Seperti kedua mata pisau, dapur juga bisa jadi tempat yang beresiko di rumah. Terlebih bila kita tidak mengantisipasinya serta memahami cara agar terlepas dari bahaya.

Sebagian perlengkapan dapur juga beresiko, termasuk pisau, kompor ataupun tabung gas. Bila tidak dipergunakan secara pas dapat membahayakan diri sendiri serta orang lain di rumah.

Dikutip dari Tree Hugger, kali ini Dapatcahaya merangkum beberapa cara menjauhi bahaya selama berada di dapur.

1. Hati- hati saat memakai kompor gas

pexel.com/prince photos

Perlengkapan memasak yang sangat kerap digunakan, ialah kompor gas. Barang ini juga jadi pemicu utama kebakaran rumah serta bisa memicu luka bakar.

Dalam pemakaian kompor gas buat memasak, terdapat beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya kebakaran. Salah satunya pada saat memasak suatu di dapur tanpa pengawasan.

Berikut panduan yang dapat menolong untuk menjauhi bahaya dikala memakai kompor gas antara lain:

  • Tetaplah di dapur disaat lagi menggoreng, memanggang ataupun pada saat memanaskan santapan. Bila mau meninggalkan dapur untuk waktu yang singkat, alangkah baiknya buat mematikan kompor.
  • Apabila lagi merebus sesuatu, coba cek kondisinya secara tertib. Tetap berada di rumah saat hidangan lagi dimasak. Mama
  • juga dapat memakai pengatur waktu untuk mengingatkan bahwa tengah memasak hidangan.
  • Hindarkan barang apa saja di dekat kompor gas, semacam perlengkapan kayu, kertas ataupun kantong plastik, kemasan makanan serta handuk. Ini perlu dicoba buat menghindari kejadian yang tidak diinginkan.
  • Hindarkan hewan peliharaan dari permukaan memasak serta meja di dekatnya untuk mencegah hewan jatuh ke kompor.
  • Kenakan lengan pendek yang cocok ataupun digulung rapat dikala memasak. Baju longgar bisa terjatuh ke pembakar kompor serta terbakar bila bersentuhan dengan api gas ataupun pembakar listrik.

2. Pakai sarung tangan disaat lagi memakai oven

pexels.com/cotton bro

Oven jadi salah satu perlengkapan di dapur yang berguna buat memanaskan hidangan. Kita tidak lagi mesti membakar makanan di atas api terbuka semacam yang dicoba nenek moyang kita dahulu bukan?

Walaupun dapat memudahkan seluruh urusan di dapur, tetapi pemakaian oven juga senantiasa wajib dicermati. Apabila lalai, bukan tidak bisa jadi jika Mama dapat mengalami cedera bakar.

Senantiasa pakai sarung tangan oven. Yakinkan tidak memasukan tangan disaat mengecek makanan yang lagi dipanaskan di dalam oven.

3. Cedera bisa juga berasal dari makanan yang panas

Pexels.com/Gagan kaur

Sebagian cedera bakar yang terjadi di dapur dapat pula berasal dari makanan panas. Maka dari itu, cobalah untuk senantiasa berjaga- jaga apabila sedang memegang makanan yang masih panas.

Berikut beberapa hal yang dapat dicoba untuk menjauhi cedera akibat makanan yang panas, ialah:

  • Hati- hati dengan makanan panas di dalam blender. Bukan tidak mungkin jika dapat meledak serta terkena percikan dari makanan tersebut.
  • Jauhkan cairan dari minyak panas karena dapat menyiprat.

4. Hati- hati dengan makanan yang tumpah ke lantai

Kala lagi mempersiapkan hidangan yang berkuah, kemudian menyiprat ke lantai ataupun minyak sisa menggoreng yang jatuh akan membuat lantai licin. Keadaan ini pasti sangat membahayakan diri sendiri serta keluarga di rumah.

Cobalah untuk senantiasa mensterilkan dapur sehabis memasak serta tidak meninggalkannya begitu saja. Seluruh cairan yang tumpah di lantai butuh dibersihkan dengan baik.

Jangan sampai membuat lantai licin dan membahayakan keluarga ya, Moms.

5. Perhatikan pisau tajam yang terdapat di dapur

pexels.com/lukas

Pisau merupakan perlengkapan yang sangat menolong dalam mengatasi seluruh hal terutama saat memotong, baik itu memotong daging, sayur- mayur ataupun bahkan sekedar membuka plastik kemasan.

Tetapi terdapat cara yag pas buat menjauhi pisau supaya tidak membahayakan, antara lain:

  • Jangan memegang makanan di tangan disaat lagi mau memotongnya.
  • Selalu potong apapun memakai talenan untuk memudahkan.
  • Selalu jaga jari- jari tangan di atas mata pisau.
  • Jagalah supaya gagang pisau leluasa dari minyak ataupun bahan licin yang lain.
  • Jauhkan pisau dari tepi meja untuk kurangi kemungkinan terlempar.
  • Jangan pernah berupaya menangkap pisau yang jatuh sebab dapat beresiko.
  • Mencuci pisau segera sehabis digunakan. Jangan tinggalkan pisau di bak air sabun yang tidak nampak.

Nah, seperti itu beberapa cara untuk menjauhi bahaya yang terjadi disaat terletak di dapur. Mudah- mudahan berguna ya, Ma.

Berbagi Itu Indah

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.