Suka Dengan Tanaman Hidroponik? Berikut Cara untuk Membuat Nutrisinya

Tertarik untuk menanam tanaman hidroponik? Berkebun dengan teknik hidroponik nampaknya menjadi hobi favorit baru bagi kebanyakan orang di masa pandemi. Selain mudah untuk dilakukan, bercocok tanam dengan metode hidroponik ini tak membutuhkan lahan dan bisa menjadi kegiatan produktif selama masa pandemi.

Apa itu Nutrisi Hidropnik

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik
pexels.com/jatuphon buraphon

Pada umumnya, nutrisi hidroponik adalah zat-zat yang dibutuhkan oleh tanaman hidroponik supaya bisa tumbuh dengan baik. Nutrisi Hidropnik ini bertujuan untuk menambahkan unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan pada media tanamnya.

Biasanya, unsur hara contohnya nitrogen bisa didapat dari tanah. Tapi karena media tanam tumbuhan hidroponik tidak menggunakan tanah, maka diperlukan nutrisi khusus supaya tunas & daun bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

Jenis-Jenis Nutrisi Hidroponik yang Tersedia di Pasaran

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik
pexels.com/lyn ong

Ada banyak macam nutrisi hidroponik yang dijual di pasaran antara lain AB-Mix yang mengandung nitrogen, fosfor, kalium, kalsium, & mangan. Kemudian ada VeggieMix yang dibuat khusus untuk tanaman sayur hidroponik dan Royal Hidroponik yang dibuat khusus untuk sayuran daun.

Pada umumnya nutrisi hidroponik dalam kemasan sudah diberikan petunjuk penggunaan pada kemasan. Jangan memberikan nutrisi terlalu banyak, karena dapat membuat tumbuhan mati. Memberikan nutrisi hidroponik terlalu dini bisa juga berdampak buruk bagi tanaman Anda.

Nutrisi Hidroponik Buatan Sendiri

Alat dan Bahan untuk membuat Nutrisi Hidropnik

Bahan:

  • ember ukuran besar
  • pengaduk
  • timbangan
  • siapkan beberapa Gelas Plastik
  • pupuk NPK
  • pupuk KCL
  • pupuk Gandasil
  • 10 ltr air sumur

 

Catatan:
Pupuk dapat dibeli di toko bunga atau toko yang menjual perlengkapan berkebun
Tidak boleh menggunakan air PDAM

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik:

  1. Pertama-tama Larutkan 3 jenis pupuk dengan air pada gelas berbeda.
  2. Selanjutnya tuangkan ketiganya pada ember dan tambahkan air hingga sepuluh liter.
  3. Berikan nutrisi hidroponik ini untuk tanaman sayur yang sudah memiliki tunas dengan takaran 10 gram.
Cara Membuat Nutrisi Hidroponik
pexels.com/pragyan bezbaruah

Kamu bisa juga membuat nutrisi hidroponik dari bahan-bahan alami seperti jerami, gula merah, kotoran ayam, dedak, nasi basi, gula pasir, tanaman alga, air seni kelinci, kotoran kelinci, bioaktivator, batang pohon pisang, dan air kelapa.

Larutan nutrisi hidroponik ini biasanya bisa didiamkan selama tujuh hingga sepuluh hari supaya mengeluarkan cairan hasil fermentasi. Cairan inilah yang nantinya dipergunakan sebagai nutrisi cair

Bioaktivator merupakan bahan baku pupuk dengan kandungan mikroorganisme aktif yang bisa membantu mendekomposisi & memfermentasi sampah organik hingga menjadi pupuk. Bioaktivator dapat dibeli di toko tanaman atau toko bunga. Kamu juga bisa membuatnya sendiri dari bahan campuran usus ayam atau ikan, terasi, susu murni, bekatul, air, dan nanas.

Itu dia beberapa cara untuk membuat Nutrisi Hidroponik yang bisa anda lakukan di rumah sendiri, Ayo praktek langsung dirumah anda!

Berbagi Itu Indah

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.