Tambah Kotor, 5 Alat Kebersihan yang Tanpa Disadari Jarang Dibersihkan

Mempunyai rumah yang bersih serta sehat merupakan impian seluruh orang. Pastinya bila debu serta kuman yang melekat dapat jadi sarang penyakit.

Menciptakan kebiasaan bersih- bersih rumah memanglah terdengar sederhana, namun menggambarkan kunci yang sangat efektif.

Tidak hanya itu, pastinya tiap pemilik rumah bersih mempunyai koleksi perlengkapan kebersihan yang lengkap. Ya, mulai dari sapu, gosok, kain multifungsi sampai vacuum cleaner.

Tetapi jangan sampai melupakan kotoran pada perlengkapan kebersihan itu sendiri.

Tanpa disadari, berikut terdapat 5 perlengkapan kebersihan yang tidak sering dibersihkan. Apa saja? Ikuti pembahasan sepenuhnya dari Dapatcahaya, ayo!

1. Perlengkapan pel yang kotor dapat jadi sarang kuman

Tambah Kotor, 5 Alat Kebersihan yang Tanpa Disadari Jarang Dibersihkan
pexels/pixabay

Mengepel merupakan salah satu kegiatan terutama yang dilakukan orang buat menghasilkan rumahnya bersih optimal.

Tetapi sayangnya masih banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana metode melindungi serta menjaga perlengkapan pel dengan baik. Sementara itu perlengkapan kebersihan tersebut ialah perihal yang wajib dicermati kebersihannya.

Membiarkan perlengkapan pel senantiasa basah ataupun tidak kering seluruhnya dapat jadi sarang bakteri. Oleh karenanya, kalian butuh membersihkannya memakai air panas buat merontokkan debu ataupun kotoran.

Kemudian meletakkan kain pel dengan cara dihadapkan ke atas. Bila kain pel ditaruh di dasar, maka kain akan sulit kering serta pula lembab.

Perihal tersebut menimbulkan kain jadi menghasilkan bau yang tidak enak.

2. Mesin cuci yang kotor bakal memunculkan bau tidak sedap

Tambah Kotor, 5 Alat Kebersihan yang Tanpa Disadari Jarang Dibersihkan
pexels.com/ekaterina belinskaya

Pekerjaan cuci telah jadi aktivitas harus untuk bunda rumah tangga. Oleh karenanya, mesin cuci dianggap sebagai teman yang bisa meringankan pekerjaan tersebut secara otomatis.

Tetapi apabila mesin mencuci tidak sering dibersihkan, maka proses mencuci akan tersendat serta tidak bisa bekerja secara maksimal seperti sedia kala.

Mesin cuci yang kotor juga akan memunculkan bau tidak nikmat. Apalagi menimbulkan tumbuhnya jamur serta kerak yang menutup saluran pembuangan air di mesin cucinya.

Mensterilkan mesin mencuci secara teratur merupakan salah satu wujud pemeliharaan buat menjauhi kehancuran mesin mencuci.

Jadi segeralah membasuh mesin mencuci dengan air hangat serta baking soda.

3. Vacuum cleaner yang kotor akan membuat hasilnya tidak maksimal

Tambah Kotor, 5 Alat Kebersihan yang Tanpa Disadari Jarang Dibersihkan
pexels.com/cottonbro

Menyelesaikan debu di rumah dengan vacuum cleaner terbilang lebih ringkas serta efisien.

Tetapi sayangnya perlengkapan ini tidak digunakan dengan benar serta menimbulkan kotor, ialah tidak meluangkan kantong penyimpan debunya.

Sementara itu tumpukan debu di saringan vacuum cleaner dapat menutup filter di dalamnya, sehingga vacuum cleaner jadi tidak efisien buat menghirup debu yang melekat di rumah.

Tidak hanya itu, debu yang telah masuk ke dalam vacuum cleaner pula dapat keluar kembali ke udara bila lama tidak dibersihkan. Akhirnya, justru membuat ruangan jadi kotor kembali.

Jadi, bilas vacuum cleaner 2 kali sebulan apabila tidak begitu sering memakainya.

4. Sapu yang kotor malah membuat ruangan terus menjadi kotor saat digunakan

Tambah Kotor, 5 Alat Kebersihan yang Tanpa Disadari Jarang Dibersihkan
pexels.com/cottonbro

Cleaning tool yang tidak sering dibersihkan berikutnya merupakan sapu. Coba cek, apakah sapu di rumah nampak bersih?

Ya, perlengkapan satu ini cenderung diabaikan. Sementara itu hampir tiap saat digunakannya.

Apabila sapu ijuk nampak kotor serta banyak debu yang melekat, efeknya akan membuat ruangan malah terus menjadi kotor pada saat lagi memakainya.

Sebaiknya tiap selesai menyapu, bilas kotoran di bagian ujung sapu. Kemudian bilas dengan air serta sabun. Keringkan saat sebelum ditaruh ataupun dipakai.

Jangan lupa letakkan sapu dalam keadaan terbalik, sehingga keadaan ijuk senantiasa mekar serta tidak terlipat.

5. Spons mencuci piring yang kotor dapat terkontaminasi kuman serta jamur

Tambah Kotor, 5 Alat Kebersihan yang Tanpa Disadari Jarang Dibersihkan
pexels.com/karolina grabowska

Dalam cuci piring, salah satu item terutama merupakan spons. Ya, spons akan menolong mengaplikasikan sabun lebih menyeluruh.

Tetapi sayangnya banyak yang kurang memerhatikan kebersihan spons mencuci piring ini.

Bila tidak dilindungi akan kebersihannya, spons mencuci piring dapat menjadi sangat kotor. Apalagi terkontaminasi kuman, lumut serta jamur.

Pasti bakal sangat tidak menyehatkan bila sekeluarga makan dengan piring yang dicuci oleh spons penuh kuman.

Hendaknya sehabis memakai spons, jangan lupa buat langsung direndam dengan sabun anti bakteri serta air panas sampai 5- 10 menit. Setelah itu cuci sampai bersih.

Seperti itu bermacam perlengkapan kebersihan yang tanpa disadari jarang dibersihkan. Tidak ada salahnya buat menghasilkan rumah bersih dengan diiringi cleaning tool yang bersih saat digunakan.

Berbagi Itu Indah

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.